MENGGUNAKAN MYOB VERSI 18
MYOB (Mind Your Own Business) Accounting adalah sebuah software akuntansi
yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah ( UKM ) yang dibuat secara terpadu
(integrated software ).
Beberapa alasan yang menjadi pertimbangan untuk mempertimbangkan software ini sebagai tool yang membantu proses pekerjaan akuntansi ada supaya menjadi lebih cepat dan tepat adlah sebagai berikut:
Beberapa alasan yang menjadi pertimbangan untuk mempertimbangkan software ini sebagai tool yang membantu proses pekerjaan akuntansi ada supaya menjadi lebih cepat dan tepat adlah sebagai berikut:
1. Mudah digunakan
2. Tingkat keamanan yang cukup
valid untuk setiap pemakai ( user ).
3. Kemampuan eksplorasi semua
laporan ke program excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang
merepotkan.
4. Dapat diaplikasiakn untuk 105
jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
5. Menampilkan laporan keuangan
komparasi ( perbandingan ) serta menampilkan analisis dalam bentuk grafik.
MENGENAL MYOB ACCOUNTING
Program aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembukuan
secara lengkap, cepat dan akurat. MYOB Limited mengeluarkan MYOB Accounting
versi 18 hadir dengan sejumlah fasilitas namun tetap memiliki karakteristik yang
sama, yaitu pemasukkan daftar akun, pengaturan (setup), mengelola bank,
pelanggan, pemasok, produk sampai pada laporan keuangan seperti neraca,
labarugi dan sebagainya.
CARA
MENGGUNAKAN MYOB V.18
1)
Mengaktifkan
program MYOB
·
Start – all
program – MYOB Accounting v18 – klik kiri,atauDouble click pada icon
MYOB Accounting di layar desktop computer
- Open :
Mengaktifkan data akuntansi perusahaan yang sudah pernah dibuat
- Create
: Membuat sebuah data akuntansi perusahaan yang baru
- Explore
: Mengeksplorasi contoh data akuntansi yang disediakan MYOB
- What’s
New : Informasi tambahan tentang fitur baru & peningkatan dari versi
sebelumnya.
- Exit :
Mengakhiri program MYOB
2)
Mengisi
identitas perusahaan
·
Klik create
untuk membuat data perusahaan baru
·
Masukkan
data perusahaan:
Pada serial number : KOSONGKAN
Pada serial number : KOSONGKAN
Company name
: Nama Perusahaan
UEN No. : Nomor
Ijin Usaha
GST No. :
Nomor NPWP
Address :
Alamat perusahaan
Phone number
: No. Telepon Perusahaan
Fax Number :
No. Fax Perusahaan
E-mail
Address : No. Email Perusahaan
·
Setelah itu,
klik NEXT.
3)
Mengisi
periodesasi perusahaan
- Current
financial year: (Tahun Pembukuan) diisi tahun sesuai yang tertera pada
soal
- Last
month: (Bulan Tutup Buku ) diisi bulan akhir periode, biasanya Desember
- Conversion
month : (Awal Bulan Pembukuan ) diisi bulan yang akan dikerjakan
pembukuannya, apabila di soal menunjukkan neraca saldo per 30 November
20.., maka conversion month diisi Desember.
- Number
of period: (Jumlah bulan periode Pembukuan) diisi tweleve. Pengisian
thirteen mengasumsikan bahwa bulan ke-13 adalah bulan yang khusus
digunakan perusahaan untuk transaksi penyesuaian.Klik NEXT.
- Setelah
melakukan konfirmasi bahwa tahun keuangan anda sudah benar, klik
next.
4)
Pembuatan
daftar rekening
·
Pilih cara
untuk pembuatan daftar rekening:
- I would
like to start with one of the list provided By MYOB
Accounting, Artinya anda akan menggunakan daftar akun yang telah
disediakan oleh MYOB.
- I would
like to import a list of account Provided by my accountant after I’m done
creating my company file., Artinya anda akanmengimpor daftar akun dari
file lain.
- I would
like to build my own account list once I begin using MYOB
Accounting. Artinya anda akan membuat sendiri daftar akun secara langsung.
*Pilih salah
satu sesuai kebutuhan.Untuk sementara ini kita pilih pilihan yang
ketiga dan selanjutnya klik Next
5)
Menyimpan
file
Pada kotak
dialog New company file Assistant, Click change lalu
tentukan direktori penyimpanan klik save. Tetapi apabila ingin menyimpan pada
tempat yang telah disediakan MYOB maka langsung click Next dan Pilih COMMAND
CENTRE, maka akan tampil Menu Command Centre.
6)
Merancang
Akun
Daftar
perkiraan (account list) dalam MYOB, daftar perkiraan dikelompokkan sebagai
berikut:
1- xxxx: Asset (Aktiva/Harta)
2- xxxx: Liability (Hutang/Kewajiban)
3- xxxx: Equity (Modal/Ekuitas)
4- xxxx: Income (Pendapatan)
5- xxxx: Cost of Sales (Beban Pokok Penjualan)
6- xxxx: Expense (Beban Usaha)
7- xxxx: Other Income (Pendapatan lain)
8- xxxx: Other Expenses (Beban lain)
7)
Tipe Account:
- Header:
Berfungsi untuk mengelompokkan perkiraan yang sejenis, perkiraan ini tidak
dapat digunakan untuk transaksi (non postable)
- Detail:
Terletak di bawah Header, perkiraan dapat digunakan untuk transaksi
(Postable).
·
Account
type: Tentukan Tipe Akunnya
·
Account
number: Isi Nomor Perkiraan
·
Account
name: Isi Nama Perkiraan
8)
Membuat Account baru :
- Dari
Account List klik ikon New
- Tentukan
apakah Header atau Details
- Tentukan
type account sesuai dengan fungsi accounts
- Masukkan
nomor account sesuai data yang diperlukan
- Tekan
enter, lalu masukkan nama account yang akan dibuat, klik OK
9)
Meng-edit Account:
·
Pilih akun
yang ingin di edit (dengan cara klik zoom arrow atau double klik pada Perkiraan
tersebut
·
Ubah atau
edit keterangan perkiraan sesuai dengan kebutuhan
·
Akun Current
Earning (ubah menjadi Laba Tahun Berjalan) dan Retained Earning (ubah menjadi
Laba ditahan)
·
e..Klik
OK
10) Menghapus Account (delete account) :
- Dari
Account List
- Klik
tanda panah atau double klik account yang sudah diblok
- Klik
Edit, pilih Delete Account (sehingga account akan terhapus)
- Masukkanlah
semua akun yang ada dalam neraca saldo (soal) ke dalam masing-masing
kelompok akun (dari kelompok assets sampai other expense)
- Akun-akun
yang sudah tersedia yang bertanda (v) pada linked-nya dan tidak dibutuhkan
harus di-inactive-kan dengan cara doble click pada akun tersebut
- Akun-akun
yang sudah tersedia dan dibutuhkan, cukup disesuaikan dengan soalnya.
Ganti nomor akunnya sesuai yang tertera pada soal, (contoh : retained
earning pada equity
- Akun
yang di link, bisa juga diganti dengan nama akun lainnya, seperti:
- Cheque
Account diganti dengan Cash in Bank
- Undeposited
Funds diganti dengan Petty Cash
- Trade
Debtors diganti dengan Accounts Receivable
- Trade
Creditors diganti dengan Accounts Payable
11) Akun yang tidak dibolehkan untuk dihapus:
1- Current Year Earnings
2- Historical Balancing
3- Payroll Liabilities
12) Modul Command Centre, Command Button, Command Panel :
- Modul
Command Center : merupakan pembagian dari kegiatan atau transaksi
perusahaan, terdiri dari 6 modul : a. Accounts (Jurnal Umum), b. Banking (
Modul Bank), c. Sales (Modul Penjualan), d. Purchases (Modul Pembelian),
e. Inventory (Modul Pengelolaan Inventory/stok), f. Card File ( Modul
Relasi)
- Command
Button : merupakan bagan alur transaksi dari modul Command Centre.
- Command
Panel : akan menampilkan hasil pengolahan dari transaksi yang telah kita
inputkan, terdiri dari: a. To Do List (tugas rutin), Find Transaction
(pencarian transaksi), c. Reports (laporan), d. Analysis (analisa
keuangan).
13) Meng-ekspor Accounts List
·
Daftar akun
yang dibuat di MYOB bisa diisikan satu persatu seperti cara yang sudah
ditunjukkan sebelumnya. Selain diisikan satu persatu, ada cara lainnya yaitu
menyiapkan daftar akun dalam format Tab Delimited Text File (File.TXT).
Caranya:
- Buka
menu File,
- Pilih Export
Data,
- Pilih Accounts,
- Pilih Account
Information
- Klik Continue
- Klik Match
All,
- Lalu
klik tombol Export
- Tetapkan
Directory dan nama folder untuk menempatkan file txt
- File
Name : ketik nama file
- Klik
tombol Save
- Proses
Export daftar akun akan dilakukan oleh MYOB.
14) Meng-import akun
- Buka
menu File, pilih Import Data, pilih Accounts, pilih Account Information
- Duplicate
Records : pilih Update Existing Record,
- Klik
Continue.
- Cari
nama file di folder dan direktori yang sudah disimpan sebelumnya, klik
Open.
- Klik
Match All, lalu klik Import.
- Informasi
record yang tidak berhasil di impor akan dibuatkan file oleh MYOB dengan
nama file MYOBPLOG.TXT. File tersebut akan diletakkan bersamaan
dengan letak folder tempat data MYOB berada.
15) Menyetting pajak
- List –
tax codes
- Hapus
kode pajak yang tidak diperlukan Menu Edit > Delete Tax Code
- Kode
pajak yang biasa digunakan adalah GST(Good & Service Tax) dan NT (No
Tax)
- Klik
akun GST pada description diisi Pajak Pertambahan Nilai – rate diisi 10% –
tax collected diisi VAT Out – tax paid diisi VAT In – OK
- Pada
akun NT digunakan untuk menampung transaksi yang tidak kena pajak. Tidak
perlu diapa-apakan, tetapi jika sudah terlanjur di klik, maka rate dan tax
collected diisi sama seperti GST.
- Sehingga
muncul tampilan Edit accounts:
- Mengedit
Kode Pajak GST: Ubah menjadi PPN
- Description:
Pajak Pertambahan Nilai
- Linked
account for tax collected: PPN Keluaran
- Linked
account for tax paid: PPN Masukan
- Account
number: Ubah Kode sesuai Soal missal (2 – 1410)
- Account
name GST collected : Ubah menjadi PPN Keluaran
- Account
number: Ubah Kode sesuai Soal (2 – 1420)
- Account
name GST paid: Ubah menjadi PPN Masukan
- Muncul
tampilan Tax Code Information:
1- Tax code: PPN
2- Description: Pajak Pertambahan nilai
3- Tax type : Good’s & services tax
4- Rate: 10%
5- Linked account for tax collected: PPN Keluaran
6- Linked account for tax paid: PPN Masukan
16) Linked account
- Setup –
linked account
- Klik
menu setup, linked account, pilih account & banking account.
Selanjutnya kotak dialok account & banking account akan muncul. Dalam
kotak dialog ini isi kan nomor akun untuk menghubugkan akun
kas/bank. Lalu pilih ok untuk menutup kotak dialog account & banking
account
- Setup –
linked account – sales account – tracking receivables diisi account
receivable – Bank account diisi rekening kas yang digunakan untuk
menampung piutang – 4 item di bawahnya diisi sesuai soal. Freight apabila
ada pendapatan jasa angkut, deposits apabila terdapat uang muka penjualan,
discount apabila ada potongan penjualan, late payment apabila ada
pendapatan denda – OK
- Setup –
linked account – purchases account – tracking payable diisi account
payable – Bank account diisi rekening kas yang digunakan untuk membayar
utang – 4 item dibawahnya diisi sesuai soal. Feight apabila ada beban
angkut, deposits apabila ada uang muka pembelian, discount apabila ada
potongan pembelian, late payment apabila ada denda keterlambatan – OK
Ada 3 macam
yaitu :
·
Accounts
& Banking Accounts
·
Accounts
& Banking Accounts: a. Historical balance: Saldo Penyeimbang (3-9999) b.
Undeposited Funds: Dana Belum Disetor (1-1140)
- Equity
Account for Current Earnings: Untuk menampung selisih laba/ rugi (saldo
dari jumlah account income – cost of sales –expense + other income – other
expense) dapat juga dinamakan sebagau laba/ rugi tahun (periode) berjalan.
- Equity
Account for Retained Earnings: Untuk menampung laba/ rugi pada tahun-tahun
sebelumnya yang tidak dibagi ke pemilik, dan telah dilakukan tutup buku
tahunan.
- Equity
Account for Historical Balancing: Untuk menampung selisih saldo debit dan
kredit pada saat pengisian saldo awal. Pengisian saldo awal dilakukan pada
masa awal transaksi perpindahan data manual ke komputer atau dari software
lain ke MYOB. Jika account ini masih ada angkanya berarti masa transisi
transisi belum berhasil dilakukan dengan baik. Jadi account ini harus
bersaldo NOL sebelum melakukan transaksi.
- Bank
Account for Undeposited Funds Account: ini untuk menampung penerimaan dari
custumer yang berbentuk giro dan belum jatuh tempo. Jadi sebelum dana/
giro tersebut cair dan masih dalam masa kliring dimasukkan dalam account
ini. Setelah cair baru dilakukan deposit ke bank yang bersangkutan.
- Sales
Linked Accounts
- Asset
for Tracking Receivables: Untuk menampung akun piutang dagang (buku besar
umum piutang usaha/ piutang dagang)
- Bank
for Customers Receipts: Untuk menampung akun kas/ bank yang digunakan
untuk menerima pembayaran piutang dari pelanggan.
- Income
Account for Freight: untuk menampung account pendapatan angkut saat field
freight transaksi sales invoice diisi angkanya.
- Liability
Account for Customer Deposits: Untuk menampung akun uang muka penjualan
yang diterima dari customer karena melakukan pembayaran di muka atau sales
order (receive payment from order)
- Expense
or Cost of Sales Account for Discounts: Untuk menampung akun potongan
penjualan yang akan diberikan pada pelanggan, karena menerima pembayaran
utang mereka pada masa termin potongan.
- Income
Account for Late Charges: Untuk menampung akun pendapatan denda/ bunga
atas keterlambatan pelanggan membayar utangnya melewati masa jatuh tempo
yang telah ditetapkan.
17) Purchase
Linked Accounts
·
Liability
Account for Tracking Payables: Untuk menampung akun utang dagang (buku besar
umum utang usaha/ utang dagang)
·
Bank Account
for Paying Bills: Untuk menampung akun kas/ bank yang digunakan untuk membayar
utang kepada supplier.
·
Expense or
Cost of Sales Accounts for Freight: Untuk menampung akun beban/ biaya angkutan
yang diambil dari form purchase invoice.
·
Assets
Accounts for Supplier Deposits: Untuk menampung akun uang muka pembelian yang
dibayar pada supplier karena melakukan pembayaran dimuka atas purchase order
(pay bill to order)
·
Expense (or
Contra) Accounts for Discounts: Untuk menampung akun potongan pembelian yang
akan diterima dari supplier, karena kita membayar utang pada masa terima
potongan.
·
Expense
Account for Late Charges: Untuk menampung akun beban denda/ bunga atas
keterlambatan kita membayar utang melewati tanggal jatuh tempo.
18) Membuat kartu piutang (customer) dan utang (supplier)
- Masuk
menu card file – card list – customer – new – tekan tab – isi ID – isi
alamat dll sesuai soal, kecuali saldo piutang – klik selling detail – atur
terminnya – OK
- Masuk
modul card file – card list – supplier – new – tekan tab – isi ID – isi
alamat dll sesuai soal, kecuali saldo utang – klik buying detail – atur
terminnya – OK
- Termin
COD digunakan apabila customer/supplier menggunakan termin tunai saat
transaksi
- Termin
In a Given of Days digunakan apabila customer/supplier menggunakan syarat
pembayaran missal 2/10, n/30. Discount day diisi 10, Balance due days
diisi 30, %discount early payment diisi 2%.
19) Membuat kartu persediaan (merchandise inventory)
·
Masuk menu
Inventory – item list – New
·
Isikan
Profile : isikan data barang yang dibeli dan dijual tersebut seperti :
o
Item Number
: kode barang (maks 30 karakter)
o
Name : nama
barang (maks 30 karakter)
o
I Buy This
Item : aktifkan jika barang tersebut dibeli
o
I Sell This
Item : aktifkan jika barang tersebut dijual
o
I Inventory
This Item : aktifkan jika barang tersebut di stock
o
Cost of
Sales Account : akun Harga Pokok Penjualan
o
Tracking
Sales : akun Penjualan
o
Item
Inventory : akun Persediaan Barang
o
Tentukan
Buying Details
o
Standard
Cost : harga pokok standar
o
Buying unit
of Measure : satuan pembelian (PCS)
o
Tax Code
When Bought : kode pajak saat dibeli (P10)
o
Tentukan
Selling Details
o
Base Selling
Price : harga jual dasar
o
Selling unit
of Measure : satuan unit penjualan (PCS)
o
Tax Code
When Bought : kode pajak saat dijual (P10)
·
Klik OK.
20) Membuat Item Baru (Asuransi):
·
Apabila ada
pengenaan Asuransi setiap transaksi penjualan kepada pelanggan, maka setiap
terjadi penjualan kita akan mengenakan tambahan Piutang dan dicatat sebagai
Utang Asuransi.
- Klik
Tombol New di dalam tampilan jendela Item Lists
- Profile
: isikan data barang yang dibeli dan dijual tersebut seperti :
- Item
Number : kode asuransi
- Name :
nama asuransi
- I Sell
This Item : aktifkan pilihan ini karena akan ditampilkan di isian Enter
Sales
- Tracking
Sales : akun Utang Asuransi
- Selling
Details : isikan data barang yang dibeli dan dijual tersebut seperti :
- Base
Selling Price : kosongkan
- Selling
unit of Measuer : kosongkan
- Tax
Code When Sold : pilih P10
- Klik
Ok, jika sudah selesai membuat item.
21) Mengisi saldo awal akun
1- Setup – balances – account opening balances – isi
masing-masing saldo sesuai neraca saldo pada soal hingga angka amount be
allocated menunjukkan angka 0.
2- Akun-akun yang saldo normalnya di debet tapi bernilai
negative (sebaliknya), awali tanda (-) sebelum menuliskan angka saldonya
(contoh : allowance for doubtful debt)
3- Akun-akun yang saldo normalnya di kredit tetapi
bernilai sebaliknya, awali tanda (-) sebelum menuliskan angka saldonya (contoh
: prive)
4- Jika sudah balance, maka out of balancenya akan 0
22) Mengisi saldo awal piutang
Setup –
balances – customer balances – pilih customer pada customer detail – add sale –
tekan tab – isi tanggal sesuai soal – isi memo dengan saldo awal piutang –
total including tax diisi dengan saldo piutangnya – ganti tax code dengan PPN –
record
23) Mengisi saldo awal utang
Setup –
balances – supplier balances – pilih supplier pada supplier detail – add
purchase – tekan tab – isi tanggal sesuai soal – isi memo dengan saldo awal
utang – total including tax diisi dengan saldo utangnya – ganti tax code dengan
PPN – record
24) Mengisi saldo awal persediaan
·
Masuk menu
inventory – adjust inventori
·
Lalu isikan
data saldo awal barang
1- Inventory Journal Number : otomatis diisikan oleh MYOB
2- Date : tanggal saldo awal (1 Desember 2009)
3- Memo : keterangan saldo awal yang muncul di buku besar
4- Item Number : tekan enter, lalu pilih kode barang
5- Quantity : isikan kuantitas barang (saldo awal)
6- Unit Cost : isikan harga pokok per unit untuk setiap
barang
7- Amount : otomatis diisikan dari perkalian qty x harga
pokok
8- Account : tekan enter, pilih akun buku besar
persediaan barang
9- Memo : isikan detail keterangan tambahn disetiap
barang
10- Record : tombol untuk memposting transaksi ke buku
besar, sebelumnya tekan tombol Ctrl R di keyboar untuk melihat efek jurnal dari
transaksi Adjust Inventory ini.
25) Mengerjakan transaksi
1- Penjualan kredit : sales – enter sales – hilangkan
tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi – ganti
layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang
– isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight
apabila ada ongkos angkut – tekan tab – record
2- Penjualan tunai : sales – enter sales – hilangkan
tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi – ganti
layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang
– isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight
apabila ada ongkos angkut – isi paid today dengan jumlah uang yang diterima
(apabila tunai seluruhnya, maka isi sesuai jumlah yang ada pada balance due) –
record.
3- Retur atas penjualan kredit :. sales – enter sales –
hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi
– ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan
jumlah barang {awali dengan tanda (-)}– isi item number dengan nama barang –
isi price dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – tekan tab –
record. Setelah direcord, klik register – klik returns & credits – klik
apply to sale – isi tanggal returnya – record
4- Retur atas penjualan tunai : langkahnya sama seperti
retur atas penjualan kredit, hanya saat masuk register – returns & credits
– klik pay refund – isi tanggal retur – record.
5- Penerimaan piutang : sales – receive payment – isi
customer – isi nomor bukti pada ID – isi tanggal pada date – isi jumlah pada
amount receive – klik amount applied – tekan tab – record.
6- Pembelian kredit : purchase – enter purchase –
hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi
– ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan
jumlah barang – isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya
– isi freight apabila ada ongkos angkut – tekan tab – record
7- Pembelian tunai : purchase – enter purchase –
hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi
– ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan
jumlah barang – isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya
– isi freight apabila ada ongkos angkut – isi paid today dengan jumlah uang
yang diterima (apabila tunai seluruhnya, maka isi sesuai jumlah yang ada pada
balance due) – record.
8- Retur atas pembelian kredit : purchase – enter
purchase – hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal
transaksi – ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship
dengan jumlah barang {awali dengan tanda (-)}– isi item number dengan nama
barang – isi price dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut –
tekan tab – record. Setelah direcord, klik register – klik returns &
credits – klik apply to purchase – isi tanggal returnya – record
9- Retur atas pembelian tunai : langkahnya sama seperti
retur atas pembelian kredit, hanya saat masuk register – returns & credits
– klik receive refund – isi tanggal retur – record.
10- Pengeluaran kas selain pelunasan utang : banking –
spend money – hilangkan tanda tax inclusive – pilih jenis kas yang akan
dikeluarkan pada bagian account – isi payee dengan nama pihak yang dibayar –
isi nomor cek – isi tanggal – isi jumlah yang dibayar pada amount – isi acct
dengan akun debitnya – isi jumlahnya pada amount – record.
11- Penerimaan kas selain penerimaan piutang : banking –
receive money – hilangkan tanda tax inclusive – pilih jenis kas penerima pada
bagian account – isi payor dengan nama pihak yang membayar – isi nomor bukti –
isi tanggal – isi jumlah yang dibayar pada amount received – isi acct dengan
akun kreditnya – isi jumlahnya pada amount – record.
12- Mencatat penyesuaian : accounts – record journal entry
– isi tanggal – isi memo – isi akun debit – isi akun kredit – record.
13- Penyesuaian untuk rekonsiliasi : banking – reconcile
accounts – isi account dengan cash in bank – isi tanggal pada bank statement
date – pada new statement balance isilah dengan jumlah angka yang tercatat pada
calculate statement balance sehingga out of balance bernilai 0 – klik ikon bank
entry – isi amount pada service charge sesuai soal – isi ID – isi tanggai – isi
expense account dengan akun bank service charge – isi amount pada interest
earned sesuai soal – isi ID – isi tanggal – isi income account dengan interest
income – record – klik ikon sehingga setiap baris akan otomatis ditandai – klik
reconcile – klik cancel
14- Melakukan transfer (pemindahan) kas : accounts –
transfer money – isi tanggal – isi transfer money from dengan kas yang akan
dipindah – isi transfer money to dengan kas yang menerima pindahan – isi amount
dengan jumlah uang yang ditransfer – record
26) Menampilkan dan mencetak laporan keuangan
1-
Menampilkan
dan mencetak neraca : reports – accounts – pada balance sheet pilih standard
balance sheet – display – print – pilih printer – tentukan banyak rangkap – OK
2-
Menampilkan
dan mencetak laporan laba rugi : reports – accounts – profit & lost
(accrual) – display – print – pilih printer – tentukan banyak rangkap – OK
3-
Menampilkan
dan mencetak laporan arus kas : reports – banking – statement of cash flow –
display – print – pilih printer – tentukan banyak rangkap – OK
No comments:
Post a Comment